Jumat, 23 Desember 2016

Bakwan Di Musim Hujan

Bakwan Di Musim Hujan - Di beberapa daerah secara umum sudah atau sedang berada di musim hujan,cuaca sedikit agak dingin dari cuaca sebelumnya,dan efek dari cuaca ini adalah banyak aktifitas yang tidak bisa di selesaikan secara normal,akan tetapi satu yang menarik yang saya perhatikan di musim hujan khususnya untuk di sekitar daerah tempat saya tinggal adalah adanya jenis makanan yang jarang-jarang juga sebenarnya muncul,sekalipun jenis makanan ini di beberapa tempat terkadang banyak di jual bebas.



Saya menyebutnya Bakwan,entah di daerah lain apa namanya,makanan jenis ini sebenarnya tidak tergantung musim,mau musin hujan atau kemarau,maunya orang saja,hanya saja selama ini di dekat tempat saya tinggal tidak ada yang berjualan kuliner ini,nanti pas masuk musim hujan seperti yang sekarang melanda kota Bulukumba,baru jajanan ini saya liat di jajakan di beberapa kedai kopi dan warung-warung sederhana.

Bakwan adalah kuliner khas yang sangat kental dengan suasana masyarakat sederhana dan dinamis,semua orang bisa membuatnya dan semua orang bisa menjualnya kalau mau,terbuat dari bahan yang mudah di dapat juga bisa di kategorikan makanan kaya Vitamin,itu karena bahan utama yang terdiri sayur seperti Kol,Wortel,Tauge juga kalau mampu bisa di kasih Udang dan tambahan lainnya.

Di kedai kopi tempat saya mangkal ini,Bakwan yang gurih di jual dengan harga Rp. 1000/2 biji,ukuran yang pas dan cukup nikmat jika di santap dengan teh manis hangat,di beberapa tempat ada yang sampai Rp. 1000/1 biji,sedikit mahal karena bisa jadi Bakwannya elit,hehehe.

Ini adalah jenis makanan sederhana yang di sukai semua kalangan baik itu orang biasa sampai pejabat parpol,dan rasanya yang nikmat serta kandungan gizi yang terdapat di dalamnya saya rekomendasikan untuk bisa teman-teman  coba juga di daerah masing-masing,tapi itu kalau ada yang buat,hahayyyy.

Cara Membuat Bakwan Yang Lezat.

Bonus dari saya untuk kali ini adalah saya akan share juga Cara Membuat Bakwan Yang Lezat, yang siapa tau saja ada teman-teman yang penasaran dan ingin mencoba membuatnya di rumah masing-masing.

Bahan :
  • Tepung terigu sebagai bahan dasar Bakwan,takar secukupnya,di perkirakan saja kalau banyak takarannya,jadinya juga banyak kalau sedikit bakal sedikit juga jadinya,dan kalau salah takar bisa jadi hasilnya cuma beberapa potong,ntar tidak cukup,..hehehe.
  • Beberapa jenis sayuran yang kompatibel dengan penganan ini,seperti Kol,Sawi-Sawi,Wortel,Tauge dan jenis sayuran lainnya,di pilih saja mana yang di suka,bisa juga di tambah Udang atau potongan daging ayam.
  • Bumbu penyedap,terserah mau yang instans atau buat sendiri dengan mengkombinasikan beberapa jenis rempah seperti bawah merah,dan lain.
  • Air putih yang sudah di masak,kenapa memilih air yang sudah di masak,itu agar terjaga higienisnya. 
  • Minyak goreng dan wajan


Cara membuatnya :
  • Campur terigu,sayuran dan bumbu penyedap sekaligus dalam satu wadah,aduk agar tercampur dengan sempurna,tambahkan air sedikit demi sedikit sampai di dapatkan adonan antara kental dan encer,tambahkan garam kalau di rasa kurang pas asinnya jangan juga kebanyakan nanti ke asinan,hhehehe. 
  • Panaskan wajan bersama minyak goreng yang sudah di siapkan sampai pada suhu yang pas,lalu takar adonan Bakwan dengan sendok ukuran sedang lalu tuang ke dalam minyak goreng yang sudah panas,jaga api di nyala yang sedang agar masaknya sempurna.
  • Jika sudah berwarna coklat kekuning-kuningan,angkat dan tiriskan agar minyaknya merember keluar dari Bakwan,dan nikmati selagi hangat.


Catatan : nikmati kalau semua adonan sudah tergoreng semua,jangan begitu matang 1 langsung di makan,nanti teman,keluarga atau tetangga tidak kebagian,heheheheheh.

Semoga membantu.
Artikel Lain Yang Berkaitan :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Design By Bamz | Modified By Zulham Efendi | Privacy Policy|Disclaimer|Contact|About