Jumat, 23 Desember 2016

Mengenal Seblak Kuliner Khas Orang Bandung

Mengenal Seblak Kuliner Khas Orang Bandung - Bandung adalah salah satu kota yang ada di propinsi jawa barat, kota dengan destinasi wisata yang begitu mempesona, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah sampai dengan wisata kuliner, khusus soal wisata sejarah kota bandung pernah menjadi kota magnet bagi dunia dengan adanya konfrensi Asia Afika yang baru-baru ini terlaksana dengan baik, konfrensi kedua setelah yang sebelumnya juga di adakan di kota Bandung di tahun 1960 an.




Salah satu yang menjadi andalah kota Bandung akan destinasi wisatanya adalah wisata kuliner, kuliner khas orang sunda ini paling unik, lezat, nikmat dan gurih, rasanya sulit untuk menggambarkan cita rasa kuliner khas Bandung yang sangat beragam itu, yang pastilah respon dari beberapa orang akan mengatakan lezat dan nikmat.

Salah satu kuliner khas Bandung dari sekian banyak menu kuliner yang ada adalah apa yang di sebut Seblak, sejatinya sih saya sendiri belum pernah lihat dan belum pernah merasakan citarasa dari kuliner unik ini, tapi kata teman saya Haikal Sulaiman Adidoya yang juga merupakan salah satu Admin di blog ini, mengatakan di daerah sekitar tempat tinggal dia yang lebih tepatnya di kisaran kelurahan kedoya Jakarta, makanan ini sangat populer sekali, boleh dibilang setiap malam pasti memesan kuliner ini dan menyantapnya setiap malam, dan saya pun jadi penasaran sebenarnya kuliner ini bentuknya bagaimana dan citarasanya juga bagaimana, untuk itu dikesempatan ini saya mencoba untuk mengulas soal kuliner khas Bandung ini, dengan cara mengolah ulang informasi yang saya dapatkan di dunia internet.

Apa Itu Seblak.

Menurut catatan dari Wikipedia, Seblak ini adalah kuliner khas dari daerah Bandung (benarkan, seperti yang saya sebutkankan diatas) , namun dari beberapa orang disebut bahwa sejatinya asalnya dari Jawa Tengah (jadi bingung juga), bercitarasa pedas dan gurih, bertekstur kenyal kayak jelly tapi cukup mudah saat di kunyah, berbahan dasar kerupuk yang terbuat dari bahan udang atau sejenisnya lalu diolah sedemikian rupa dan jadilah kuliner nikmat yang tiada taranya (kata teman saya ini).

Di sananya, makanan ini sangat mudah didapatkan, dijual dengan menggunakan gerobak seperti berdagang bakso atau siomay, pake gerobak berarti diajak keliling kampung dong ?,... ya seperti itulah kata teman saya, dia sendiri punya langganan yang selalu datang tiap malam di kompleks penginapan dia itu.

Kandungan Gizi Seblak.

Secara umum, bagaimana bentuk dan citarasa satu menu kuliner tetaplah memiliki kandungan gizi sekalipun dalam jumlahnyang sedikit, apalagi jika bahan dari makanan itu menggunakan bahan-bahan yang sejatinya sehat dan bergizi seperti aneka sayuran dan bahann  makanan lainnya seperti telur, daging dan lain-lain, maka seperti itu pula dengan kuliner Seblak ini, berikut ini adalah beberapa kandungan dan manfaat dari Seblak ini.

1. Selalu mengkonsumsi Seblak akan menjadikan jantung selalu sehat.
Logikanya adalah karena salah satu bahan utamanya yaitu cabe, maka seblak akan bercitarasa pedas, rasa pedas yang keluar dari bahan makanan cabe ini di yakini dapat mengurangi bahkan mengkikis habis kolesterol yang terdapat dalam darah hingga menjadikan jantung sehat.

2. Cocok untuk mereka yang sedang diet.
Rasa pedas adalah rasa yang dapat secara otomatis membangkitkan sistem metabolisme tubuh dengan cara membuat tubuh membakar sejumlah lemak dalam tubuh menjadi kalori  sehingga tubuh akan semakin semangat, dan bertenaga.

3. Sebagai sumber protein dan vitamin.
Beberapa bahan yang ditambahkan kedalamnya seperti telur, daging, dan sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh, kandungan gizi tersebut akan menjadikan tubuh selalu sehat dan tidak mudah sakit.

Dan masih ada beberapa lagi manfaat dan kandungan kuliner ini yang tidak bisa saya sebutkan disini.

Jenis-jenis Seblak.

Secara umum terdapat 2 jenis seblak

1. Seblak Kering, bentuknya kayak kerupuk pedas, tapi kayaknya bukan seblak ini, melainkan murni kerupuk pedas saja.

2. Seblak Basah, yang ini yang paling populer di konsumsi, basah karena di rendam di air panas lalu di campur dengan beberapa bahan lainnya yang juga basah karena sudah di masak.

Demikianlah informasi tentang kuliner nusantara yang mana Seblak adalah salah satunya, terimakasih sudah berkunjung di blog ini.

Source Image : https://www.brilio.net/kuliner/nggak-perlu-ke-bandung-bikin-sendiri-seblak-basah-ala-kamu-aja-1605150.html

Salam
Artikel Lain Yang Berkaitan :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Design By Bamz | Modified By Zulham Efendi | Privacy Policy|Disclaimer|Contact|About