Rabu, 15 Februari 2017

Kambuse, Makanan Khas Orang Muna (SULTRA)

Kambuse Nikmat
Kambuse, Makanan Khas Orang Muna (SULTRA) - Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi rekan sekalian, kemaren itu kita sudah ulas makanan khas orang bandung yang populer disebut Seblak (Baca : Mengenal Seblak Kuliner Khas Orang Bandung), dikesempatan kali ini saya coba mengulas kembali seputar makanan khas dari salah satu daerah yang ada di propinsi SULTRA yaitu makanan khas dari kabupaten Muna yang enak, nikmat sekaligus cukup menantang, saya sebut menantang karena makanan ini sedikit butuh tenaga fisik untuk memakannya jika makanan ini di masak dengan cara yang sederhana alias tanpa tambahan pelembut, seperti kapur dan sejenisnya, Kambuse adalah salah satu makanan pokok warga di kabupaten Muna yang berasal dari tanaman jagung, tanaman jagung adalah salah satu jenis tanaman yang tersebar cukup luas di Indonesia dan dijadikan sumber makanan bagi semua orang, berbagai jenis resep makanan berasal dari jagung ini, seperti beberapa tanaman pangan lainnya seperti beras dan umbi-umbian jagung adalah salah satunya tanaman yang dapat memberikan kecukuipan karbohidrat bagi semua orang yang tentunya dengan diolah terlebih dahulu.

Sebelum kita lanjut membahas soal makanan enak ini, ada baiknya kita mengenal tanaman jagung itu dulu, berikut penjelasannya :

Asal Usul Tanaman Jagung Serta Persebarannya
Catatan sejarah menyebutkan bahwa tanaman jagung ini sudah ada sejak ribuan rahun yang lalu yang lebih tepatnya sekitaran 7000 tahun yang lalu, tanaman ini diidentifikasi menjadi makanan pokok suku-suku pedalaman wilayah Amerika Latin bagian tengah dan selatan, penelitian Arkeology menyebutkan bahwa di daerah Meksiko ditemukan potongan-potongan tongkol jagung yang telah berbentuk artefak kuno, kedatangan bangsa eropa yang menjajah meksiko dan beberapa daerah di selatan dan tengah Amerika lalu membawa ke daratan eropa tanaman ini untuk di teliti dan dikembangkan dengan lebih lanjut hingga menjadi tanaman populer sekarang ini.

Bacaan Juga
Gado-Gado Di Warung Pojok
Tips Mempersiapkan Daftar Menu Sehat Harian

Persebaran tanaman jagung di Wilayah Asia di bawah oleh bangsa Eropa di awal-awal abad pertengahan saat maraknya upaya untuk menemukan jalur ke wilayah subur di belahan bumi diluar Eropa, di Indonesia, tanaman ini di bawah oleh penjelajah Portugis yang lalu di kembangbiakan hingga seperti yang kita saksikan sekarang, tanaman ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh di tanah yang tidak terlalu kering dan lembab, dan untuk di Indonesia, jagung tersebar cukup merata dari Sabang hingga Merauke.


Manfaat Dan Kandungan Gizi Jagung
Sama seperti jenis tanaman lain yang menjadi jenis tanaman pangan, jagung juga memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, berikut ini adalah tabel kandungan gizi dari tanaman jagung

Kandungan gizi Jagung /100 gram bahan:
a. Kalori : 355 Kalori
b. Protein : 9,2 gr
c. Lemak : 3,9 gr
d. Karbohidrat : 73,7 gr
e. Kalsium : 10 mg
f. Fosfor : 256 mg
g. Ferrum : 2,4 mg
h. Vitamin A : 510 SI
i. Vitamin B1 : 0,38 mg
j. Air : 12 gr

Manfaat :

Jagung mengandung juga asalm folat, asam folat sangat bermanfaat untuk bayi yang masih dalam kandungan, kekurangan asam folat berakibat pada gagalnya tumbuh kembang bayi dalam kandungan seperti cacat syaraf hingga kehilangan berat masa bayi dalam kandungan.
 
Jagung mengandung pemanis rendah kalori gula hingga cocok untuk penderita diabetes, sudah sangat lazim kita lihat beberapa orang yang terkena penyakit diabetes di sarankan untuk mengkonsumsi jagung sebagai makanan pokok pengganti beras dan roti.
 
Kandungan serat yang terdapat ditanaman jagung ini, sangat bermanfaat untuk membantu memulihkan sistem pencernaan yang terganggu hingga sangat cocok untuk menyembuhkan penyakit wasir, sembelit dan kanker usus besar.
 
Tingkat kepadatan tulang tergantung asupan zat mineral seperti, kalsium, magnesium, kalium dan juga beberapa zat lainnya, kekurangan zat mineral tersebut akan menyebabkan tulang mudah retak dan keropos, dan mengkonsumsi jagung dapat memberikan asupan zat mineral yang cukup untuk kesehatan tulang.


Dan masih banyak lagi kandungan gizi serta manfaat yang dapat di peroleh dengan mengkonsumsi jagung.

Sejatinya makanan ini sangat sederhana, hanya terdiri dari biji jagung yang di rebus dengan air hingga mencapai panas tertentu, kesederhanaan itulah yang menjadi corak warga muna kebanyakan, bagi orang Muna, tersedianya kambuse adalah bagian hidup yang terpaling nikmat, namanya juga sudah menjadi hal yang khas maka sangat asing rasanya jika tidak mengkonsumsi kambuse, pointnya adalah tidak lengkaplah sebuah perhelatan tanpa hidangan kambuse.

Belajar Cara Membuat Kambuse.

Bahan :

1. Siapkan jagung yang baik, jangan jagung yang rusak karena akan menghilangkan estetika rasa dan keunikan resep makanan ini, pilih jagung yang tidak terlalu tua dan tidak juga terlalu muda, tapi pada dasarnya pilihan jagung yang tua adalah yang terbaik, karena masa jenis dari biji jagung yang tua lebih berat dari yang biji muda hingga debngan seliter saja sudah cukup untuk memenuhi beberapa orang.

2. Sediakan juga kapur sirih, penggunaan kapur sirih berguna untuk melembutkan jagung tersebut, tapi sebagian orang muna kadang tidak mau menggunakan zat pelembut ini, hingga hasilnya biasa sedikit keras, tapi bagi orang muna tulen, disitulah nilai khususnya makanan ini.

Cara membuatnya :

1. Rebus biji jagung tersebut dalam wadah panci, jika air telah mendidih boleh di beri  kapur sirih agar biji jagung tersebut menjadi lembut, tapi tergantung selera saja, rebus dengan sesering mungkin untuk mengaduknya agar biji jagung yang berada di bawah dasar panci tidak melengket.

2. Setelah dirasa lembek, angkat panci dari kompor, buang airnya lalu bersihkan dengan air bersih jika tadi waktu masaknya menggunakan kapur, bersihkan hingga kapurnya hilang, akan tetapi jika tidak menggunakan kapur setelah airnya di buang dapat langsung dikonsumsi.

3. Taruh di piring atau di wadah yang bersih dan boleh di kombinasikan dengan parutan kepala yang agak muda, sejikan bersama ikan teri bakar , sayur hijau bening, dan dan sambal terasi.

Selamat mencoba dan menikmati.

Source Image : http://jendelasultra.blogspot.com/2015/05/kambuse-kuliner-khas-tradisional.html

Salam
Artikel Lain Yang Berkaitan :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Design By Bamz | Modified By Zulham Efendi | Privacy Policy|Disclaimer|Contact|About