Senin, 20 Februari 2017

Rujak Rambutan Yang Menggugah Selera

Rujak Rambutan Yang Nikmat

Rujak Rambutan Yang Menggugah Selera - Rujak adalah salah satu jenis makanan unik yang berasal dari negeri ini, di Indonesia ada cukup banyak ragam rujak yang semuanya bercita rasa sedap dan nikmat, sepengetahuan saya setiap daerah memiliki ke khasan tersendiri soal cita rasa rujak, misalnya kota jakarta yang terkenal dengan rujak Juhi khas Betawi atau di daerah Sumatera  yang lebih tepatnya daerah Padang punya kuliner  Rujak Muaro yang sangat nikmat dan di jamin membuat leleh air liur.

Di kesempatan kali ini saya mencoba mereviuw salah jenis rujak yang sangat populer di musimnya terutama di daerah saya mukim yaitu kabupaten Bulukumba, saya sebut Rujak Rambutan, kenapa saya sebut Rujak Rambutan, itu karena bahan utama dari resep rujak ini adalah buah rambutan yang sudah terkenal sebagai buah yang merakyat dan terasa manis, apalagi jika matangnya pas, saat buah rambutan di kupas akan tercecer air buahnya yang sangat manis rasanya.

Sekalipun buah rambutan ini dapat dijadikan rujak, tidak serta merta semua jenis buah dapat di buat rujak, jenis buah rambutan yang cocok untuk dibuat rujak adalah dari jenis rambutan aceh atau rambutan lengkeng, kenapa harus dari jenis tersebut, itu karena jenis aceh atau lengkeng buahnya dapat dengan mudah di kupas atau dipisahkan dari bijinya yang berasa pahit.

pada umumnya rasa rujak itu adalah perpaduan dari rasa pedas, kecut, asin dan manis, penggunaan buah rambutan akan semakin memberikan campur rasa yang luar biasa, bayangkan rasa manis rambutan berpadu dengan rasa pedas cabe dan kecutnya jeruk nipis, aroma yang tersaji sangat menggugah selera untuk terus tambah hingga pada tetesan terakhir.

Untuk Cara Membuat Rujak Rambutan ini sudah banyak yang sharing  internet, tapi saya pikir itu bukan masalah kalau saya ikut-ikutan juga sharing cara buat rujak tersebut.

Berikut ini adalah bahan dan cara membuatnya :

Bahan :

1. Beberapa biji buah rambutan dari jenis aceh atau lengkeng, pilih yang telah masak dengan sempurna yang ditandai dengan meratanya warna merah pada buah tersebut, pilih juga yang agak besar, karena seperti kita ketahui buah yang besar sama dengan isi daging buah yang besar pula.

2. Siapkan beberapa buah jeruk nipis yang sedikit agak tua, karena jeruk nipis yang tua memiliki rasa yang baik dan air perasan yang banyak.

3. Cabe rawit, garam dan penyadap masakan seperti msg kalau mau.


Cara membuatnya.

1. Kupas buah rambutan, lalu pisahkan daging buah dari kulitnya. potong buah menjadi beberapa bagian, potongan buah jangan terlalu besar dan jangan juga sampai terlalu kecil, ukur sesuai dengan selera saja.

2. Masukan potongan buah tersebut ke dalam wadah, lalu berikan perasaan jeruk nipis, dan cabe rawit yang di iris-iris tipis, beri sedikit garam beryodium lalu aduk hingga rata, kalau mau boleh diberi sedikit irisan bawang merah atau penyedap rasa (msg), kalau mau.

3. Tata sedemikian rupa di dalam wadah lalu sajikan, rujak siap disantap.


Waktu yang pas untuk menyantap rujak adalah di sore hari saat cuaca cerah.

Demikian lah reviuw saya mengenai Rujak Rambutan Yang Menggugah Selera , selamat berjumpa di reviuw kuliner unik lainnya, masih bersama saya di blog Berburu Kuliner

Salam
Artikel Lain Yang Berkaitan :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Design By Bamz | Modified By Zulham Efendi | Privacy Policy|Disclaimer|Contact|About