Kamis, 19 September 2019

Makanan Khas Nusantara yang Mudah Dibuat

Kuliner khas nusantara yang beragam tidak hanya menggugah selera, namun juga membuat kita penasaran dengan proses pembuatannya. Bahkan beberapa diantara kita mungkin berkeinginan untuk membuatnya sendiri, diantara sekian banyak kuliner khas nusantara ada sebagian yang mudah dibuat dan ada sebagian yang memerlukan alat, bahan dan teknik khusus. Bagi kalian yang hobi memasak dan ingin mencoba untuk membuat makanan – makanan tersebut, kami merekomendasikan beberapa kuliner khas nusantara yang bisa kalian buat sendiri di rumah.

1. Sate Madura, Blora dan sejenisnya.
Sate adalah salah satu kuliner khas nusantara yang paling banyak dijual. Sate banyak dijual di pasar – asar, kampus, di pinggir jalan dan tempat – tempat umum lainnya. Ada beberapa daerah yang sangat terkenal dengan sate sebagai kuliner khasnya, diantaranya Sate Madura dan Sate Blora. Bahan utama sate adalah daging ayam, kambing, sapi, kelinci atau kerbau. Beberapa bumbu yang perlu disipakan antara lain kecap, bawang merah dan kecap. Meskipun begitu ada beberapa daerah sperti Madura dan Blora yang mempunyai komposisi bahan sendiri. Cara memasak sate terbilang cukup mudah, yaitu dengan menusukkan beberapa irisan daging kecil pada potongan bambu dan memanggangnya hingga matang. Untuk resep khas Madura atau Blora, kita dapat dengan mudah mendapatkan resepnya dengan bantuan dari Mbah Google. 


2. Rendang khas Padang, Sumatera Barat.
Rendang adalah makanan khas Padang, Sumatera Barat yang sering kita jumpai di restoran Padang yang banyak tersebar di seluruh Indonesia. Rendang adalah masakan khas Padang yang menggunakan daging sebagai bahan utamanya. Selain lezat, Rendang juga merupakan salah satu kuliner khas nusantara yng tergolong mudah untuk dibuat karena bahan dasar daging dan rempah – rempah seperti kemiri, bawang putih, cabe merah, jahe, lengkuas dan lainnya bisa kita dapatkan dengan mudah di pasar atau toko – toko terdekat. Untuk teknik memasaknya kita bisa mendapatkan tutorialnya dari artikel – artikel yang banyak tersebar di internet, selain itu kita juga bisa melihat tutorialnya secara langsung lewat video youtube. 

3. Bakso Malang
Bakso merupakan jajanan khas nusantara yang banyak di jual oleh pedagang keliling atau warung bakso, baik warung kecil maupun besar. Bahan – bahan untuk membuat bakso bisa kita dapatkan di pasar tradisional, toko, mini market atau supermarket terdekat. Selain itu, bumbu – bumbu untuk kuah bakso juga bisa didapatkan dengan mudah di swalayan. Untuk bumbu, kami sarankan untuk membeli dalam bentuk mentahnya dan bukan dalam bentuk sachet. Percaya atau tidak, pengguanaan bahan – bahan alami akan menghasilkan rasa yang khas dan berbeda dari pada menggunakan bumbu dalam bentuk sachet.

4. Mie Jawa
Mie Jawa adalah kuliner khas nusantara yang banyak dijumpai di tepi jalan, cita rasa pedas manisnya yang nendang di lidah selalu membuat kita tergoda untuk mencicipinya. Selain lezat dan bikin nagih, mie Jawa tergolong kuliner yang mudah dibuat. Proses masaknya tidak ribet dan bumbunya juga murah dan mudah didapat. Bahan dasar mie jawa adalah mie telur, kemiri, bawang putih, kecap manis, lada putih, gula, garam, sawi, kol, seledri dan telur. Semua bahan – bahan tersebut tentu sangat mudah didapat, karena sudah tersedia di toko – toko dan pasar terdekat.   

5. Tahu Gejrot khas Cirebon
Tahu Gejrot adalah kuliner yang dikenal sebagai ikon kuliner khas Cirebon, kombinasi rasa pedas, mani dan asinnya seakan menciptakan sensasi tersendiri di lidah penikmatnya. Jika kalian sedang ingin tapi kesulitan untuk mendapatkannya, kalian bisa membuatnya sendiri. Beberapa bahan yang kalian perlukan adalah tahu gembos, kecap manis, kecap asin, asam jawa, gula merah, bawang merah, bawang putih, cabai rawit dan garam. Bahan – bahan tersebut biasanya banyak tersedia di pasar tradisional dan tutorialnya memasaknya bisa kalian dapatkan di youtube dan artikel online.

6. Lumpia Semarang
Lumpia adalah jajanan khas Semarang, Jawa Tengah, yang sekilas mirip dadar gulung dan kroket. Jika kalian tertarik untuk membuatnya, ada beberapa bahan utama yang perlu kita siapkan diantaranya: tepung terigu, telur, garam, rebung, wortel, buah kemiri, gula pasir dan merica. Untuk isinya, kalian bisa membuat kreasi sendiri dengan menambahkan sosis, potongan bakso, daging ayam dan sebagainya. Agar lebih nikmat, kalian bisa menyantapnya dengan saus tomat, saus cabai atau mayones. 

Setelah membaca sekilas mengenai jenis kuliner dan resepnya, tentu kalian sudah mendapatkan gambaran yang cukup tentang bagaimana makanan – makanan tersebut dibuat. Sebenarnya, kalian tidak harus mengikuti resep asli seoerti yang telah disebutkan di atas karena kalian bebas bereksperimen dan berkreasi dengan cara kalian sendiri. Dengan mempelajari resep – resep dari kuliner – kuliner khas nusantara, kalian telah mengambil peran penting dalam melestarikan kuliner – kuliner tersebut. Selain itu, dengan mempelajari resep khas nusantara, kalian dapat membuka bisnis mandiri yang menguntungkan. 

Artikel Lain Yang Berkaitan :

0 komentar:

Posting Komentar

 

Design By Bamz | Modified By Zulham Efendi | Privacy Policy|Disclaimer|Contact|About